Batman Begins - Help Select

PERANAN GADGET DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

17 Oktober 2013

PERANAN GADGET DALAM KEHIDUPAN MANUSIA


Sudah tidak asing dan mengherankan apabila di zaman yang sekarang manusia hidup dan sudah menjadi kebutuhan pokok untuk memiliki gadget. Manusia cenderung berani mengeluarkan uang banyak hanya untuk membeli gadget canggih.Yang menjaadi pertanyaan seberapa pentingkah gadget dalam kehidupan manusia ? tentu jawabannya adalah “Penting” , di era globalisasi ini manusia sangat membutuhkan gadget baik dari segi mata pencaharian maupun dari segi keseharian.Kemajuan zaman sudah tidak bisa dihindari bahkan dicegah,dengan gadget yang berukuran kecil maka dunia sudah ada digenggaman manusia.

Manusia sering menggunakan gadget kecil dan imutnya sebagai alat komunikasi,sharing,friendly dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh benda kecil ini,Manusia sudah tidak begitu perlu lagi pergi ke Warung internet (Warnet) karena gadget sekarang sudah bisa berhubungan langsung dengan internet ditambah lagi Provider-provider kartu SIM CARD sudah berani memberikan kuota internet besar dengan harga murah menyebabkan manusia sudah mulai malas untuk pergi ke warnet.

Dengan begitu manusia benar-benar sangat membutuhkan sekali gadget, gadget bisa digunakan untuk mengirim surat elektronik , menambah teman di jejaring social bahkan bisa dijadikan ajang promosi bagi sebagian perusahaan.Sulit bagi manusia untuk berpaling daari gadget apalagi harus tidak menggunakan gadget selama satu hari,itu semua bagaikan sayur tanpa garam.Karena bagaimanapun pula manusia yang sudah terbiasa menggunakan gadget mustahil untuk meninggalkan kebiasaan tak lazimnya itu.

Mulai dari bangun tidur maka hal pertama yang dilakukan oleh manusia yang cenderung hidup dengan gadget adalah melihat gadgetnya tersebut,dan sampai akan tidur maka hal pertama yang dilakukan manusia adalah mengecek gadgetnya. Celaka bagi Manusia apabila suatu saat gadget dihilangkan dari muka bumi karena bukan tidak munkin manusia akan kehilangan mata pencahariannya bahkan bissa merusak program-program atau planning manusia, akan tetapi itu semua tidak mungkin terjadi karena bagimana pula mustahil gadget akan hilang bahkan yang terjadi adalah gadget akan menjadi semakin canggih,sekarang kita ketahui bahwa gadget bisa digunakan oleh orang tuli bahkan orang buta pun bisa menggunakan gadget,sungguh menariknya gadget ini,mungkin di masa depan gdget akan dilengkapi dengan wc duduk,karena melihatnya gadget zamn sekarang yang sudah canggih baik itu dari segi bentuk yang semakin tipis atau slim dan tentu saja dilengkapi dengan touchscreen.

Mustahil di zaman sekaarang manusia tidak bisa menggunakan gadget sama halnya sebuah lelucon jikalau ada manusia yangtidak bisa menggunakan gadget,karena fungsi gadget adalah :

Komunikasi
Gadget digunakan sebagai media komunikasi dengan berbagai pihak. Misalnya disini antara Perusahaan dengan supplier. Sebagai contoh Perusahaan di bidang peternakan ayam. Pemiliknya bisa menggunakan e-mail kepada supplier pakan ternaknya misalnya untuk melakukan order atau sebaliknya pihak supplier yang melakukan komunikasi dengan Perusahaan.

Komunikasi disini bisa bermacam-macam, salah satu yang sudah dibahas tadi misalnya penggunaan e-mail. Di zaman sekarang ini perusahaan jasa tenaga kerja yang sudah menggunakan Yahoo! Messenger untuk melakukan negosiasi dengan calon penampung tenaga kerja baik itu antar daerah maupun antar Negara. Selain itu bagi para calon penampung TKI bisa melihat langsung kondidi calon TKI dengan bantuan computer atau dengan melakukan video call sehingga bisa melihat langsung kondisi fisisk mereka.

Promosi
Ini maksudnya Gadget digunakan sebagai sarana promosi jasa atau produk yang ditawarkan oleh Perusahaan. Sebagai contoh misalnya Perusahaan di bidang rent car (persewaan kendaraan) bisa mempromosikan jasanya melalui website atau juga melalui mailing list. media mailing list merupakan yang paling efektif untuk menawarkan jasa atau produk. Kenapa begitu? Itu dikarenakan bahwa mailing list adalah suatu forum diskusi berbasis e-mail mengenai suatu topik tertentu.

Orang-orang atau pihak-pihak yang tergabung dalam suatu mailing list tertentu biasanya mempunyai satu kesamaan tujuan dan juga kesamaan minat tertentu. Sebagai contoh ada mailing list mengenai balita atau mailing list ayah bunda yang isinya mengenai seputar pasangan muda yang baru mempunyai anak. Anda misalnya seorang pengusaha di bidang pakaian bayi, Anda bisa menawarkan produk Anda ke mailing list yang sudah disebutkan tadi. Dengan demikian promosi bisa lebih fokus kepada target audience tertentu dan relevan dengan produk yang Anda tawarkan. Sebagai kesimpulan promosi disini bisa dilakukan melalui berbagai cara yaitu:

Website, Anda bisa membuat website bagi jasa atau produk yang Anda jual dan masukkan website tersebut ke dalam search engine. Ukurlah seberapa efektif promosi Anda melalui website. Ini bisa dilihat dengan mengamati statistik pengunjung website Anda atau juga dari feedback yang masuk melalui website Anda,Dan jika anda tidak bisa membuat website maka anda dapat membelinya,tentu saja dengan harga yang variasi tergantung dengan tampilan dan kebutuhan anda dalam menggunakan website.

Mailing list, Anda bisa mengirimkan promosi jasa atau produk Anda dalam bentuk e-mail ke mailing list yang relevan dengan yang Anda tawarkan. Caranya mudah sekali. Anda bisa menuju ke www.yahoogroups.com dan cari mailing list yang relevan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan dan kemudian ikutlah bergabung dengan mailing list tersebut. Sembari berdiskusi dengan anggota mailing list yang lain maka Anda bisa juga menawarkan produk atau jasa Anda. Chat, Anda bisa menggunakan sarana chatting untuk menawarkan produk atau jasa Anda. Chat disini biasanya efektif jika dalam bentuk chat room (bukan private chat). Sebagai contoh Anda bisa membuat chat room di Yahoo! Messenger untuk mengajak orang bergabung dan melihat apa yang Anda tawarkan.

Riset
Fungsi lain dari internet yang tidak kalah pentingnya adalah untuk melakukan riset dan perbandingan.Perusahaan harus memanfaatkan internet untuk riset agar bisa mengetahui seberapa jauh keunggulan produknya dibanding produk sejenis lain yang sudah ada. Fungsi riset disini juga bisa digunakan untuk mencari formula baru untuk memperkuat mutu dari produk atau jasa.

Riset juga berguna untuk mengetahui apa yang sedang dikerjakan oleh kompetitor dengan produk yang sejenis dengan yang Anda punya. Senjata utama dari melakukan riset adalah dengan cara memanfaatkan search engine dengan baik. Menggunakan search engine tidaklah sesederhana yang Anda bayangkan. Penggunaan keyword yang tepat akan mempercepat usaha riset Anda di internet dan pada akhirnya juga akan bisa bersaing dengan Perusahaan lain yang belum memanfaatkan internet untuk melakukan riset.
Kebutuhan terhadap teknologi canggih sekarang ini ternyata tidak hanya melanda orang dewasa. Anak-anak usia sekolah dasar pun sudah tanggap terhadap teknologi canggih yang kini semakin tak terpisahkan dari hidup manusia modern, khususnya bagi mereka yang tinggal di kota besar. Tetapi, apakah hal ini baik untuk anak-anak yang seringkali belum bisa membedakan mana yang baik dan buruk?

Selain banyak kegunaannya ternyata gadget juga dapak berdampak buruk bagi kehidupan manusia,ya tentu saja tak selamanya alat bisa membantu manusia karena dengan gadget manusia juga bisa melakukan kejahatan yaitu sebagai contoh dengan gadget manusia dapat melakukan penipuan dengan cara promosi,bisnis-bisnis illegal dapat dengan mudah dilakukan bahkan dampak yang lebih parah adalah manusia tidak akan mau bergerak untuk melakukan hal sesatu karena apa yang mereka inginkan sudah ada ditangan mereka. Lalu siapakah korban dari semua ini ? tentu saja para pelaku yang terlibat dan yang paling ditakuti adalah anak-anak. (dikutip dari : http://lystiadesiana-9a-smp15bandung.blogspot.com/2012/08/alasan-pentingnya-internet-bagi-manusia.html)

Dalam sebuah studi, terungkap fakta bahwa anak-anak menjadi begitu akrab dengan teknologi canggih karena orang tua mereka yang sibuk bekerja, sehingga sering tidak punya waktu untuk berkomunikasi secara langsung. Maka, teknologi 'pun menjadi salah satu alat agar orang tua dapat berkomunikasi secara intensif dan sekaligus memantau anak mereka ketika mereka bekerja. Maka, muncullah persentase 25% orang tua di dunia kini lebih banyak berkomunikasi dengan anak mereka melalui teknologi ketimbang komunikasi langsung.

Fakta itu bisa jadi menjadi sebuah indikasi bahwa kini teknologi canggih semakin membantu peran orang tua dalam memberikan afeksi dan pendidikan kepada anak-anak mereka. Namun, tekhnologi canggih (gadget, misalnya) harus benar-benar diwaspadai ketika itu berada di tangan anak-anak. Sebab, sederet kemudahan dan hiburan yang dipersembahkan oleh gadget bisa berakibat buruk bagi anak. Misalnya, anak akan menjadi sangat fokus pada gadget dan semua kenyamanan dan hiburan di dalamnya, sehingga tak acuh pada lingkungan sekitarnya, bahkan pada keluarga dan orang tuanya. Dan, yang patut benar-benar diwaspadai, jangan sampai gadget membuat anak Anda lebih mengenal gadget ketimbang perhatian dari orang tuanya. Dan, pada kasus yang ekstrim, bisa jadi anak Anda akan lebih sayang kepada gadget mereka, ketimbang Anda.

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa gadget bisa jadi berperan besar dalam pembentukan anak nakal. Misalnya, secara alamiah, anak-anak menyukai suara yang meriah dan gadget memberikan respon secara langsung terhadap kebutuhan tersebut. Ketika anak Anda tidak terhubung dengan gadget, mereka akan mencari suara itu dari sumber lainnya. Akhirnya, anak Anda akan mencari respon suara itu dalam bentuk lainnya, salah satunya dari suara Anda ketika marah. Dan, menurut penelitian itu, konon respon suara marah itu ternyata dapat membuat anak Anda merasa diperhatikan. Maka, terancam 'lah mental anak Anda jika mereka menilai marah sebagai bentuk perhatian.

Maka, keseimbangan adalah hal yang paling dibutuhkan dalam hal ini. Kecanggihan teknologi yang semakin memudahkan hidup Anda dan keluarga seharusnya dapat membuat hubungan keluarga semakin erat, dan bukan sebaliknya. Karenanya, ada baiknya jika Anda selalu meluangkan waktu lebih untuk memperhatikan anak-anak Anda dan memberikan penjelasan yang sesuai dan mudah dipahami oleh anak Anda mengenai fungsi gadget yang sebenarnya. Sebab, Anda tentu tak ingin kasih sayang anak Anda teralih kepada gadget, bukan?(diolah dari http://komas.com)

Bukan hal yang mengherankan kalau anak SD sekarang sudah mulai keranjingan menggunakan internet. Anda sendiri mungkin bahkan mendorong mereka untuk sering-sering online mengingat begitu banyak manfaatnya. Walaupun bermanfaat, ingat lho, banyak juga yang harus diwaspadai. Apa saja itu?
• Tidak ada sensor di dunia maya. Bisa saja si kecil tiba-tiba meng-klik website yang belum boleh dilihatnya.
• Pelecehan atau penganiayaan maya, yang dikirimkan oleh orang tak bertanggungjawab yang menggunakan sarana e-mail/chatting. Perkenalan dengan orang yang bisa membahayakan anak. Dari e-mail/ chatting, sering sekali pedofil (orang dewasa yang tertarik secara seksual kepada anak) berkenalan dengan anak dan kemudian mengajaknya bertemu.
• Virus dan hackers. Anak bisa men-download file yang mengandung virus yang bisa merusak sistem komputer atau malah meningkatkan risiko hacker mengaduk-aduk privacy keluarga dalam komputer Anda.
• Risiko legal dan finansial. Karena begitu ingin membeli game terbaru (yang mungkin dilarang di sekolah), anak mungkin saja memasukkan nomor kartu kredit Anda, dan terbukalah kesempatan orang lain menguras uang Anda.

Mengerikan? Ya. Jadi, waspadalah terhadap dunia maya!
Aman menjelajahi dunia maya Walau internet bisa berbahaya, tidak berarti Anda menghalangi anak untuk menjelajah di dunia maya. Agar aman, tip dari SafeKids.com ini mungkin bisa membantu Anda:
• Jangan berikan informasi tentang identitas diri di bulletin boards atau ketika chatting. Informasi yang harus disembunyikan misalnya, nomor kartu kredit, alamat, nomor telepon.
• Ketahui situs yang dikunjungi anak Anda. Jika Anda tak bisa membukanya, minta anak untuk mendemonstrasikan. Jika ia tak mau, batasi kesempatannya menggunakan internet.
• Jangan izinkan anak bertemu dengan orang yang baru dikenalnya lewat internet. Jika sampai terjadi, lakukan pertemuan di tempat umum dan pastikan mama harus ikut.
• Jangan merespon bulletin board atau pesan tak menyenangkan, misalnya mengancam, cabul, atau menyerang. Minta anak untuk bercerita pada Anda jika ia mendapat pesan-pesan semacam ini.
• Letakkan komputer di ruang keluarga, jangan di kamar, supaya semua orang bisa ikut mengawasi apa yang sedang dibuka di monitor.
• Beritahu anak, informasi di internet belum tentu benar. Bisa jadi orang yang mengaku sebagai ‘anak perempuan 7 tahun’ ternyata sebetulnya ‘laki-laki dewasa 35 tahun’!
(kutip dari : http://tiayopiburnama.wordpress.com/2013/03/20/bahaya-internet/)

Daftar Pustaka :
http://komas.com
http://tiayopiburnama.wordpress.com/2013/03/20/bahaya-internet/ http://lystiadesiana-9a-smp15bandung.blogspot.com/2012/08/alasan-pentingnya-internet-bagi-manusia.html
lystiadesiana-9a-smp15bandung.blogspot.com/2012/08/alasan-pentingnya-internet-bagi-manusia.html

0 komentar :

Posting Komentar