Batman Begins - Help Select

BENTUK-BENTUK KASIH SAYANG DALAM KEHIDUPAN

24 November 2013

BENTUK-BENTUK KASIH SAYANG DALAM KEHIDUPAN


Cinta adalah satu hal yang lumrah bagi manusia baik itu cinta terhadap orangtua atau pun ke lawan jenis,Tuhan menciptakan segalanya dengan berpasang-pasangan baik itu senang dan sedih,sehat dan sakit,manis dan asin dan tentunya laki-laki dan perempuan.laki-laki dan perempuan diciptakan bukan hanya sebagai pelengkap dunia,tetapi diciptakan untuk saling bantu-membantu.

Dunia ini luas dan banyak bermacam-macam orang dari suku yang berbeda menempati dunia ini tapi walaupun berbeda wujud dan bentuk mereka tetap memiliki rasa kasih sayang,kasih sayang sesame manusia dapat dicirikan dengan suka atau simpati terhadap seseorang.Beragam cara orang lakukan untuk mencurahkan kasih sayangnya,dan kebisaan mereka simpan kasih sayangnya didalam hati,membekas dan sakit.Sakit hati adalah salah satu contoh kasih sayang yang tak tersampaikan,tentu rasa sakit hati lebih sakit dari apapun.Orang mana yang mau merasakan sakit hati.

Sakit hati banyak sekali bentuknya baik karena kasih sayang yang tak tersampaikan aaupun karena hinaan dari orang lain,tentu ketika seseorang mengalami sakit hati maka hal yang terlintas di pikirannya baigmana jika dia yang mersaskan sakitnya.Untuk menghindari dari rasa sakit hati ini maka satu hal yang harus dilakukan yaitu engan menjaga,tentu apabila seseoang dapat menjaga hatinya atau pun hati orang lain maka hubungannya akan menjadi semakin erat,jauh dari permusahan dan semakin disegani.

Kasih sayang sesama manusia itu luas dan tidak ada yang bisa memutuskan karena kasih sayang dan cinta itu berbeda kasih sayang itu tidak ada batasnya dan berbeda dengan cinta dimana orang dapat mengatakan cinta terhadap siapapun meskipun dia sudah ada yang memiliki,kasih sayang sudah pasti cinta tetapi cinta belum tentu sayang,sulit membedakan kasih sayang dan cinta tetapi mudah untuk merasakan mana itu inta dan mana itu kasih sayang.

Manusia yang memiliki kasih sayang yang tulus akan lebih mudah akrab dengan orang lain dan disegani dari berbagai pandangan,tetapi d zaman sekarang kasih sayang hanya ditunjukan bagi seorang kekasih,baik itu laki-laki maupun perempuan.

Dalam hidup manusia tidak akan pernah bisa dipisahkan dari yang namanya Cinta dan kasih sayang. Dari manusia mulai dilahirkan ke dunia ini oleh Tuhan Yang Maha Esa sampai kita meninggalkan dunia ini untuk selama-lamanya. Baik kita yang memberikan cinta kasih tersebut atau bahkan kita yang menerima cinta kasih tersebut.

Cinta adalah satu perkataan yang mengandungi makna perasaan yang rumit. Bisa dialami semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan semasa. Perkataan sentiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda. Sifat cinta dalam pengertian abad ke 21 mungkin berbeda daripada abad-abad yang lalu. Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan perasaan seperti berikut :

• Perasaan terhadap keluarga
• Perasaan terhadap teman-teman, atau philia
• Perasaan yang romantis atau juga disebut asmara
• Perasaan yang hanya merupakan kemahuan, keinginan hawa nafsu atau cinta eros
• Perasaan sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
• Perasaan tentang atau terhadap dirinya sendiri, yang disebut narsisisme
• Perasaan terhadap sebuah konsep tertentu
• Perasaan terhadap negaranya atau patriotisme
• Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme

Cinta adalah perasaan simpati yang melibatkan emosi yang mendalam. Menurut Erich Fromm, ada empat syarat untuk mewujudkan cinta kasih, yaitu:
• Perasaan
• Pengenalan
• Tanggung jawab
• Perhatian
• Saling menghormati

Erich Fromm dalam buku larisnya (the art of loving) menyatakan bahwa ke empat gejala: Care, Responsibility, Respect, Knowledge (CRRK), muncul semua secara seimbang dalam pribadi yang mencintai. Omong kosong jika seseorang mengatakan mencintai anak tetapi tak pernah mengasuh dan tak ada tanggungjawab pada si anak. Sementara tanggungjawab dan pengasuhan tanpa rasa hormat sesungguhnya & tanpa rasa ingin mengenal lebih dalam akan menjerumuskan para orang tua, guru, rohaniwan dll pada sikap otoriter.

Seperti telah dijelaskan diawal, dalam hidup manusia tidak akan pernah lepas dari yang namanya cinta. Sejak dalam kandungan manusia sudah mendapatkan apa yang dinamakan dengan kasih sayang, dari sang Ibu yang senantiasa menjaga asupan gizi untuk buah hatinya dalam kandungan agar dapat tetap sehat dan terlahir dalam keadaan normal dan sehat. Sang ayah akan senantiasa menjaga istrinya yang sedang hamil dan berusaha memenugi apapun kebutuhan yang dibutuhkan oleh istrinya. Setelah anak terlahir ke dunia ini maka kedua orang tua tidak akan mungkin pernah mengilangkan rasa cinta dan kasihnya kepada sang buah hati, membesarkan, menjaga, dan mendidik hingga sang anak dewasa. Begitu juga sang anak yang tetap berbakti dan menghormati kedua orang tuanya hingga akhir hayat. Inilah yang disebut dengan cinta kasih dalam keluarga atau perasaan dalam keluarga dimana didalamnya terdapat unsur perhatian, tanggung jawab dan saling mengormati. Cinta kasih dalam keluarga sangat diperlukan untuk masa perkembangan seorang anak, dengan adanya cinta kasih dalam keluarga maka sang anak akan merasa kerasan dalam lingkungan keluarga. Namun, bukan berarti cinta kasih tersebut adalah memanjakan sang anak dengan menuruti semua apa yang diminta oleh anak tersebut, apabila terjadi demikian maka sang anak akan susah untuk menjadi lebih dewasa dan cenderung akan kurang menghormati orang tua karena sang anak akan menganggap apapun yang dia perbuat tidak akan mendapatkan sangsi atau teguran dari orang tua. Cinta kasih yang dimaksud adalah dengan memberikan pendidikan yang benar, dan pengertian akan budi pekerti, sopan santun dan pendidikan agama akan sangat baik untuk perkembangan anak kedepannya. Banyak kenakalan remaja dimulai dari kurangnya rasa kasih sayang dalam keluarga, orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya atau adanya permasalahan rumah tangga yang menjadikan kondisi psikologis anak menjadi terganggu. Dengan kurangnya rasa kasih sayang dalam keluarga akan berimbas pada anak yang cenderung meluapkan rasa emosinya ke hal-hal yang negatif seperti narkoba, pergaulan bebas dan lain sebagainya. Kurangnya pendidikan yang baik dari orang tua juga bisa menyebabkan sang anak mencari sendiri apa yang dia ingin ketahui namun sumbernya yang tidak benar, inilah salah satu penyebab maraknya terorisme dan gerakan-gerakan yang bertentangan dengan hukum yang lainnya.

Dalam bermasyarakat atau berhubungan dengan orang lain pun kita tidak akan bisa lepas dari yang namanya kasih sayang. Setiap hari kita bertemu orang dan saling sapa menyapa itu merupakan salah satu bentuk kasih sayang. Cinta dan kasih sayang terhadap orang lain bukan hanya yang seperti kita ketahui bahwa perasaan cinta dan kasih seperti orang pacaran atau orang menikah, itu merupakan salah satu terminologi dari cinta.
• Cinta yang lebih cenderung kepada romantis, asmara dan hawa nafsu, eros
• Sayang yang lebih cenderung kepada teman-teman dan keluarga, philia
• Kasih yang lebih cenderung kepada keluarga dan Tuhan, agape
• Semangat nusa yang lebih cenderung kepada patriotisme, nasionalisme dan narsisme, storge
menurut saya, tanpa adanya cinta dan kasih sayang maka tidak akan ada yang dinamakan masyarakat dan negara, bahkan tidak akan ada yang namanya kehidupan. Dalam bermasyarakat, tanpa cinta dan kasih sayang kita tidak akan bisa saling mengenal antara satu dengan yang lainnya, bagaimana mau mengenal belum apa-apa sudah benci. lebih jauh lagi, dengan adanya rasa cinta, kasih sayang dan saling memiliki maka timbulan apa yang dinamakan dengan toleransi dan tenggang rasa. Manusia sendiri dikodratkan untuk menjadi manusia sosial yang artinya manusia tidak dapat hidup tanpa adanya orang lain, itu merupakan salah satu motivasi mengapa manusia mencintai dan menyayangi seseorang. bahkan dalam islam mencintai sesama manusia itu adalah merupakan kewajiban, itu telah diatur dalam bab hablumminannas atau hubungan antara manusia dengan manusia. seperti dalam hadist Rasullulah SAW yang artinya Tiap-tiap persendian manusia ada kewajiban sedekah, dantiap hari dimana matahari terbit, kalau berlaku adil diantarakedua orang yang bersengketa itu berarti sedekah, danmembantu seseorang naik keataskendaraan ataumengangkatkan barang (bekalnya) itu sedekah; dan kalimat yang baik itu sedekah; dan tiap langkah (berjalan) untuk melaksanakan shalat adalah sedekah; dan menghilangkangangguan dari tengah jalan itu adalah sedekah. (HR.Muttafaqun ‘alaih, dari Abu Hurairah r.a) dari hadist diatas sudah sangat jelas anjuran Rasullullah untuk saling mengasihi dan bahu membahu antar manusia. Selanjutnya, hubungannya dengan negara atau yang sering disebut dengan Patriotisme, kita sebagai warga negara yang baik sudah menjadi keharusan kita harus mencintai negara kita. Rasa cinta tersebut tidak harus dengan mengikuti perang bela negara, namun dalam keadaan negara yang damai pun kita bisa meluapkan rasa cinta dan kasih sayang kita terhadap negara dengan turut membayar pajak, menyantuni anak - anak terlantar dan kaum fakir miskin, mentaati semua peraturan perundang-undangan serta aktif dalam hal memberikan kritik dan saran kepada pemerintah untuk kelangsungan bersama negara. Tanpa adanya rasa cinta dan kasih rakyat kepada negara maka negara tersebut akan hancur, tidak adanya kepedulian masyarakat kepada sesama dalam hal menyantuni anak yatim dan terlantar akan memberikan dampak kesenjangan sosial dan akan berimbas pada merajalelanya kejahatan di negara tersebut karena alasa "sesuap nasi", tidak ada masyarakat yang membayar pajak, maka dari mana pendapatan negara untuk melakukan pembangunan ? , masyarakat yang tidak taat kepada peraturan perundang-undangan maka negara akan amburadul dan masyarakat yang acuh terhadap sistem pemerintahan yang bobrok , pemerintah yang korup maka akan menambah amburadulnya negara tersebut. Dengan demikian hancurlah negara tersebut.

Dengan cinta yang timbul antara dua orang wanita dan laki - laki juga berpengaruh terhadap kelangsungan kehidupan manusia di bumi ini. Timbulnya cinta antara dua orang tersebutlah yang selanjutnya berperan dalam melestarikan manusia. Tanpa adanya rasa cinta yang timbul antara kedua orang tersebut maka terjadilah pernikahan yang selanjutnya melahirkan keturunan. Dari situlah manusia bisa tetap ada di muka bumi ini sampai sekarang.

Menurut Gabriel Marcel, seorang filfus kelahiran Paris (1889-1973), mengemukakan hakikat pertemuan atau kehadiran dan cinta. Kodrat sosial manusia atau hubungannya dengan orang lain, yang hanya berdasarkan kecenderungan-kecenderungan biologis dan psikologis manusia, tidak menghasilkan hidup bersama yang sejati.

Pertemuan antara dua orang dapat membangkitkan rasa cinta. Pertemuan yang merupakan kontak antara dua orang ialah “Aku” dan “Engkau”, yang saling membuka hati melalui gerak dan kata. Dalam pertemuan terjadi saling membuka hati, terbuka dan yang paling penting kejujuran. Dalam pertemuan pikiran-pikiran egostis harus dilepaskan, sebaliknya dibangkitkan rasa ketersediaan dalam situasi bersama. Hubungan “Aku” dengan “Engkau” adalah hubungan dinamis, berkembang, yang dimulai dengan kepercayaan sampai lebih nyata dalam cinta dan persahabatan.

Hubungan antara dua orang memuncak dalam hubungan cinta. Asal mula hubungan cinta itu adalah anugerah dari Tuhan. Syarat cinta ialah kerendahan hati orang yanng memanggil, kesediaan pada orang yang dipanggil. Dalam unsur cinta individualitas masih tetap ada, hanya ditutupi dengan berbagai pengorbanan, tetapi demi cinta pula. Cinta tidak dapat diukur secara objektif. Bahkan lebih sulit sekali untuk mengetahuinya. Akan tetapi suatu saat cinta dapat putus secara mendadak karena adanya pengkhianatan terhadap pasangan dalam cinta. Bila yang dicintai tidak cocok dengan gambaran semula tentang dia, ia tetap dapat dicintai. Tetapi kemungkinan adanya pelaku ketiga dalam sebuah pasangan tersebut. Ini merupakan kritik dan kewaspadaan terhadap cinta . untuk lebih waspada, perlu dikaji konsep cinta dalam ajaran agama.

"Cinta adalah Anugrah yang luar biasa dari Tuhan YME, oleh karena itu kita yang diberikan anugrah tersebut wajib menjaganya. Karena tanpa cinta dan kasih sayang manusia tidak akan pernah bisa hidup, tidak akan ada yang namanya masyarakat,negara bahkan kehidupan. Sayangilah Tuhanmu,Dirimu dan Sesamamu "

sumber : wikipedia Indonesia(pengertian cinta), M. Munadar Soelaeman. 2001. Ilmu Budaya Dasar Suatu Pengantar. Bandung: PT Refika Aditama, Artikel Hablum Minannas Politeknik Telkom
(dikutip dari : http://infokawulamuda.blogspot.com/2012/05/cinta-kasih-sayang-dan-kehidupan.html )

Daftar Pustaka :
http://infokawulamuda.blogspot.com/2012/05/cinta-kasih-sayang-dan-kehidupan.html

1 komentar :