Batman Begins - Help Select

Tugas Minggu 1 (Bahasa Indonesia 2)

12 Maret 2016

Tugas Minggu 1 (Bahasa Indonesia 2)





Paragraf Induktif
Kalimat utama Paragraf induktf terletak pada bagian akhir Paragraf. Paragraf ini diawali dengan kalimat-kalimat penjelas yang berupa fakta, contoh-contoh, rincian khusus maupun  bukti-bukti yang kemudia disimpulkan atau digeneralisasikan ke dalam satu kalimat pada akhir Paragraf. Paragraf Induktif dikembangkan dari pola khusus ke umum.

Paragraf Deduktif
Paragraf deduktif adalah suatu Paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal Paragraf. Paragraf ini diawali dengan pernyataan yang bersifat umum dan kemudian dilengkapi dengan penjelasan- penjelasan khusus yang berupa contoh-contoh, rincian khusus, bukti-bukti dan lain-lain. Karena Paragraf deduktif dikembangkan dari suatu pernyataan umum, maka pola kalimatnya adalah dari umum ke khusus.

Judul berita : Perindo Banten Gelar Pelatihan Kader

Kalimat Deduktif : Menurut dia, pelatihan pengaderan  langkah awal mempersiapkan kader-kader uituk menghadapi pemilu 2019 mendatang. Dengan begitu, kader menjadi militan, pekerja keras seria saling inovatif. Intinya Perindo harus membuat Masyarakat simpati dan empati dyngan program yang dimiliki. Partia Hary Tanoesoedibjo (HT) ini juga akan terus berkomitmen membangun Indonesia, terutama Banten, yang lebih baik.

Analisis Data :
Observasi (Data Angka) : Ketut Pelaksana LKD dan TOT DPD kabupaten Serang Sanusi mengatakan, kegiatan ini diikuti DPC se-Kabupaten Serang." Jadi setgap DPC 2 orang tau sebanyqak 58 peserta ditambah peserta dari DPD Serang sebanyak 15 orang ," katanya.
Kesaksian : Dengan demikian kader yang sangat berkualitas, Perindo dalam pemilu 2019 akan menjadi pemenang dalam kabupaten Serang.”Saya yakin Perindo akan meraih suara yang sangat signifikan,” ucap Sanusi
Autoritas : “Setiap minggu ini kami akan menggelar LKD untuk kabupaten/kota lainnya agar para kader Perindo di Banten memiliki Kualitas,” Ujar Ketua DPW Partai Perindo Banten Yandra Doni.
Hubungan Kausal : LKD ini selain untuk tindak lanjuti LKM juga melatih kader dasar. Adapun TOT bertujuan melahirkan kader berkualitas tinggi agar menjadi agen promotor ditingkat masing-masing.”Diharapkan Perindo memliki kader militan dan tidak pragmatis,” ujarnya. (Akibat-Sebab)

Judul : Filipina Tunggu Respon PBB

Paragraf Deduktif : Balilo menjelaskan, penjaga pantai telah memeriksa kapal itu dua kali, menggunakan sensor elektronik untuk mencari senjata yang diseludupkan. Meski demikian, tidak ada senjata yang ditemukan. Kapal itu membawa biji kelapa sawit.

Analisi Data :
Observasi (Data Angka) : Sebanyak 21 kru kapal asal Korut masih berada diatas kapal.”Mereka hanya di kapal. Mereka masih disana. Mereka membuat keputusan itu sendiri. Mereka tidak akan mencoba melarikan diri,” Kata Balilo yang menambahkan pihaknya tidak perlu memberi suplai apapun saat ini.
Kesaksian :” Tim dari PBB diperkirakan memeriksa kapal di Subic yang merupakan bekas pangkalan angkatan laut Amerika Serikat (AS) tersebut,” ungkap juru bicara masalah luar negeri Charles Jose.
Autoritas : “Dunia mengkhawatirkan program senjata nuklir Korut dan sebagai anggota PBB, Filipina memiliki bagian yang harus dilakukan untuk melaksanakan sanksi tersebut,” Kata juru bicara kepresidenan Filipina Manolo Quezon.
Hubungan Kausal : Kapal kargo berbobot 6830 ton bernama Jin Teng itu ditahan dipelabuhan Subic, Manila bagian timur laut. Para penjaga pantai terus mengawasi kapal dan krunya. “ Kami mungkin akan menahannya di Subic hingga kami menunggu arahan selanjutnya untuk pelepasannya,” ungkap juru bicara penjaga pantai Filipina Komandan Armand Balilo, dikutip Kantor berita AFP. (Akibat-Sebab)


Daftar Pustaka :
Koran SINDO (Senin 7 Maret 2015)
http://www.kelasindonesia.com/2015/02/definisi-contoh-kalimat-deduktif-induktif-dan-campuran-dalam-bahasa-indonesia.html

0 komentar :

Posting Komentar