Batman Begins - Help Select

Tugas Minggu Ke-2 (Bahasa Indonesia 2)

16 April 2016

Tugas Minggu Ke-2 (Bahasa Indonesia 2)



Pengaruh Price Book Value, Price Earnings Ratio dan Earnings Per Share Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Konstruksi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.

ABSTRAK
Return saham merupakan tingkat keuntungan suatu investasi dari penanaman modal dalam sebuah perusahaan, return tercermin dalam kinerja perusahaan karena dengan kinerja yang baik dapat menghasilkan laba yang besar . Penelitian  ini bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh Price Book Value (PBV), Price Earnings Ratio  (PER),  dan  Earning Per Share (EPS)  terhadap return saham pada Perusahaan Konstruksi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014. Teknik  analisis  yang  digunakan  adalah  analisis  linier  regresi  berganda dengan  menggunakan  program  SPSS 21.  Penelitian  ini  menggunakan  variabel independen rasio PBV, PER, dan EPS serta untuk variabel dependen menggunakan return. Penelitian  ini  membuktikan  bahwa  secara  simultan  variabel  independen PBV, PER, dan EPS berpengaruh secara signifikan terhadap return saham, begitupula secara parsial berpengaruh secara signifikan. Kemampuan variabel PBV, PER, dan EPS dalam menjelaskan return saham sebesar 43,7% dan 56,3% sisanya dipengaruhi variabel lain yang termasuk dalam penelitian.

Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujan untuk menganalisis dan menguji secara empiris :
1.            Pengaruh Price Book Value  (PBV) secara parsial terhadap Return Saham pada perusahaan konstruksi yang terdaftar  di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014.
2.            Pengaruh Price Earning Ratio (PER) secara parsial terhadap Return Saham pada perusahaan konstruksi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014.
3.            Pengaruh Earning Per Share (EPS) secara parsial terhadap Return Saham pada perusahaan konstruksi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014.
4.            Pengaruh Price Book Value (PBV), Price To Earning Ratio (PER), dan Earning Per Share (EPS) secara parsial terhadap Return Saham pada perusahaan konstruksi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014.


Manfaat Penelitian
1.                   Akademis
Sebagai referensi dan tambahan pengetahuan untuk mengetahui kinerja perusahaan terhadap return bagi investor serta menambah wawasan berpikir mahasiswa untuk dijadikan bahan diskusi kelas.
2.                   Praktis
Bagi pihak Internal (Perusahaan) sebagai alat ukur kinerja perusahaan dan bagi Eksternal (Investor) sebagai pertimbangan ketika memberikan modal, serta sebagai acuan terhadap pengambilan keputusan finansial guna meningkatkan kinerja keuangan terhadap perusahaan konstruksi yang terdaftar di bursa efek Indonesia.

Teori Penelitian
Pasar Modal
Pasar modal (capital market) merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik surat utang (obligasi), ekuiti (saham), reksa dana, instrumen derivatif maupun instrumen lainnya. Pasar modal merupakan sarana pendanaan bagi perusahaan maupun institusi lain (misalnya pemerintah), dan sebagai sarana bagi kegiatan berinvestasi. Dengan demikian, pasar modal memfasilitasi berbagai sarana dan prasarana kegiatan jual beli dan kegiatan terkait lainnya.
Signalling Theory
Signalling theory dikembangkan pertama kali oleh Ross (1979) yang menekankan pada pentingnya informasi untuk dibagikan perusahaan terhadap keputusan investasi bagi pihak di luar perusahaan. Kelengkapan dan keakuratan informasi dapat mempengaruhi keputusan investasi bagi para investor, apakah tetap bersedia menanamkan sahamnya di perusahaan tersebut atau beralih ke perusahaan lain yang lebih menguntungkan prospeknya. Sehingga dapat dikatakan bahwa informasi berperan sebagai alat analisis pengambilan keputusan investasi.
Return
Return (kembalian) adalah tingkat keuntungan yang dinikmati oleh pemodal atas suatu investasi yang dilakukannya. Tanpa adanya tingkat keuntungan yang dinikmati dari suatu investasi, tentunya investor (pemodal) tidak akan melakukan investasi. Jadi setiap investasi baik jangka pendek maupun jangka panjang mempunyai tujuan utama mendapatkan keuntungan yang disebut sebagai return saham baik langsung maupun tidak langsung.

Kesimpulan
Berdasarkan data yang diolah, analisa dan hasil pembahasan yang dilakukan dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa :
1.            Price Book Value (PBV) berpengaruh secara signifikan dan berimplikasi positif terhadap return saham. Semakin baik nilai perusahaan, maka investor akan semakin tertarik untuk menginvestasikan dananya. Price Book Value yang tinggi akan meningkatkan return di masa akan datang.
2.            Price Earnings Ratio (PER) berpengaruh secara signifikan dan berimplikasi positif terhadap return saham. Semakin tinggi Price Earnings Ratio menunjukkan prospek harga saham suatu perusahaan dinilai semakin tinggi oleh investor terhadap pendapatan per lembar sahamnya, sehingga Price Earnings Ratio yang semakin tinggi juga menunjukkan semakin tinggi return diperoleh investor di masa akan datang.
3.            Earnings Per Share (EPS) berpengaruh secara signifikan dan berimplikasi positif terhadap return saham. Eanings Per Share menunjukkan bahwa semakin besar tingkat kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan per lembar saham bagi pemiliknya, maka hal akan mempengaruhi return saham pada perusahaan.
4.            Secara simultan variabel Price Book Value, Price Earnings Ratio, dan Earnings Per Share berpengaruh signifikan terhadap return saham. Hasil ini menunjukkan bahwa semua variabel dalam penelitian ini mampu memprediksi return saham pada perusahaan konstruksi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2010-2014.


0 komentar :

Posting Komentar